Preview Software ERP yaitu dengan menggunakan Compiere
Mungkin sebelumnya dikasih pertanyaan dulu biar isi nya jelas dan menarik ^-^
Compiere itu apa dan untuk apa si?
Apa ya kelebihan dan kekurangannya?
Semua nya saya (Faris) akan bahas semuanya disini.
Kembali lagi disini faris ingin mereview ulang apa sih itu ERP.. biar sahabat blog tau gambaran singkatnya:
kata om wiki sih ERP itu singkatan dari Enterprise Resource Planning.Nah maksud nya dan tujuannya itu adalah sebuah Sistem Informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang bertugas mengotomatisasikan,mengintegrasikan dan mengoptimalkan proses bisnis yang berhubungan dengan proses operasi,produksi, maupun distribusi pada perusahaan tersebut..
Jadi bisa dibilang ERP mungkin sistemnya menurut saya dan software mempermudah nya ya Compiere tersebut.
Kenapa disini saya mau membahas Compiere.. Karena hehehe... maklum anak kampus..
Compiere ini Punya kelebihan yaitu sifat nya open source.. Bisa di download asal punya koneksi yang lumayan aja..
beberapa kelebihannya nih:
1.Open Source... tinggal sedot gan
2.Implementasi cepat,proses keputusan tidak terlalu panjang dan ribet.
3.Fleksibel,Anda punya source code untuk dikembangkan.. Compiere menyediakan.
4.integrasi,Keamanan data bisa sangat terjamin
5.Jarang terjadi kegagalan maupun kesalahan
6.Dari segi GUI User friendly... mungkin bagi orang yang tau menau isi dalamnya seperti invoice,report dll ( tugas admin bisa dibilang) langsung paham dan tau apa maksud dari software ini.
Kekurangannya
1.Tidak ada pdf exporter
2.tidak adanya webUI
3.Butuh database oracle XE kekurangan ada pada database nya dan haya versi oracle XE.
Mungkin cuman segitu yg saya tau.. :-D
Mengenal apa aja didalam compiere.
Tab-tab Business Partner
-Business Partner : digunakan untuk mendefinisikan dengan pihak mana dan siapa anda bertransaksi. Window ini menyimpan semua informasi tentang Business Partner anda , dan nilai-nilai yang dimasukkankan akan digunakan untuk menghasilkan semua dokumen-dokumen transaksi.
-Customer : Jika anda ingin Business Partner anda untuk menjadi Customer (pelanggan), silahkan klik pada Tab Customer dan Masukkan nilai-nilai yang sesuai. Ini akan digunakan sebagai nilai default ketika anda memasukkan Sales Order atau Customer Invoice untuk Business Partner (untuk parameter parameter tersebut).
-Vendor : Jika anda ingin Business Partner anda untuk menjadi Vendor (pemasok), silahkan klik pada Tab Vendor dan Masukkan nilai-nilai yang sesuai. Pastikan bahwa anda memilih Cek-box Vendor. Anda dapat memilih nilai-nilai untuk bidang yang berikut: Payment Rule (Aturan pembayaran), Purchase Pricelist (daftar harga pembelian), PO Payment Term (termin pembayaran PO), Tax Category.
-Employee : Jika Business Partner anda adalah seorang, anda dapat mendandainya melalui Tab Employee dan Masukkan nilai-nilai sesuai yang dibutuhkan.
-Bank Account : Untuk memasukkan informasi Bank untuk Business Partner anda , klik pada Tab Bank Account dan masukkan nilai-nilai yang sesuai. dapat memasukkan bidang berikut: Account No, Swift Code, Bank Name, Name, City , Postal Code, State.
-Location : Untuk memasukkan Informasi Lokasi atau Address untuk Business Partner anda
Contact (User) : Untuk memasukkan Informasi User/Contact untuk Business Partner anda.
-Interest Area : Interest area membuat dasar untuk Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Customer) yang memungkinkan bagi anda untuk mengatur Email atau daftar distribusi untuk tujuan pemasaran (sebagai contoh, laporan berkala dll.).
Nah berikut gambar diatas screenshot nya..Mungkin cuman sekian yang bisa faris sampaikan... Terima kasih dan minta comment nya kalo ada yg mau menambahkan :-D